Manfaat Mempelajari Sejarah Dakwah Islam

Label: , ,




Perjuangan dakwah yang telah dimulai dari zaman kenabian telah meninggalkan sejarah panjang fase-fase perjuangan dakwah yang telah dirintis oleh Rasulullah dan para sahabat. Sejarah dakwah Islam telah menyisakan catatan pelajaran berharga bagi perkembangan dakwah Islam hari ini.
Islam telah melalui beberapa fase, mulai dari awal diturunkan, perjuangan dakwah generasi awal, kebangkitan di masa berbagai dinasti dan kekhalifahan, sampai pada perkembangan dakwah Islam yang dirintis para ulama hari ini.




Sejarah Dakwah Rasulullah

Sejarah dakwah Islam secara sempurna terekam dalam kisah siroh nabawiyah dan siroh sahabat yang tercatat dalam berbagai kitab dan buku-buku yang ditulis para ulama terkenal. Rekam jejak perjalanan dakwah nabi hingga masa khulafaurrasyidin cukup komplit memuat berbagai fase-fase dan bentuk perjuangan yang dilakukan Rasulullah dan para sahabat dalam berbagai kondisi. 
Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan saat mempelajari sejarah dakwah Islam. Rasulullah telah mengajarkan berbagai cara berdakwah yang amat bijaksana di masa awal perkembangan Islam.
Kebijaksanaan cara berdakwah yang diajarkan Rasulullah ini menyebabkan Islam hari ini bisa dirasakan oleh mayoritas ummat manusia di muka bumi. Islam adalah agama yang cinta dengan kedamaian, bukan suatu agama yang identik dengan kekerasan dan peperangan.Islam adalah agama yang memudahkan, tidak mempersulit. Namun tidak berarti ajaran dan syariatnya bisa dipermainkan.
Islam adalah agama yang komprehensif dan menyeluruh, ajaran agamanya mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, tidak hanya sebatas pada urusan shalat, puasa dan zakat. Islam mengatur bagaimana aspek kehidupana ekonomi masyarakat, sosial ekonomi, politik, budaya dan sebagainya.

Manfaat Sejarah Dakwah Islam

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah mempelajari sejarah dakwah Islam;

1.  Menjadi pelajaran bagi para penggiat dakwah dan ummat hari ini
Salah satu fungsi utama sebuah sejarah adalah menjadi pelajaran bagi orang-orang generasi sesudahnya. Banyak kejadian-kejadian penting yang telah terjadi di masa awal mula dakwah Islam dirintis oleh generasi awwalun.
Pelajaran kemenangan perang Badar, kekalahan perang uhud, kesulitan dakwah Rasulullah di fase makiyyah, perjuangan Rasulullah di awal mula ia mendapatkan perintah dari Allah untuk menyebarkan dakwah Islam, dan sebagainya.
Seluruh hal dan kejadian penting ini tak lain merupakan pelajaran berharga bagi aktivis dakwah hari ini. Bagaimana mereka menjadikan peristiwa-peristiwa penting perjuangan dakwah Islam, merupakan suplemen penting yang akan mendorong vitalitas dan semangat mereka untuk terus giat berdakwah saat ini.

2. Menjadi contoh strategi dakwah yang akan dilakukan oleh para generasi penggiat dakwah hari ini
Sejarah dakwah Islam telah menorehkan banyak contoh strategi dakwah penting yang mirip kondisinya dengan berbagai hambatan dan rintangan yang dihadapi generasi penggiat dakwah hari ini.
Strategi dakwah yang diajarkan Rasulullah dan para sahabatmenjadi referensi yang cukup kuat untuk menentukan strategi dakwah yang diambil saat ini. Setiap hal sederhana yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat merupakan suri tauladan yang paling baik, mengingat kedekatan generasi ini terhadap Al-Quran lebih baik dari pada generasi hari ini.

3. Menambah keimanan dan keyakinan orang-orang beriman
Menguak kembali sejarah panjang perjuangan dakwah Islam akan membuat kita menemukan banyak mutiara berharga yang mencengangkan. Amatlah jelas pertolongan yang Allah berikan terhadap mereka orang-orang yang konsisten memperjuangkan dakwah Islam.
Janji Allah pada orang-orang yang istiqomah dan ikhlas memperjuangkan agama-Nya adalah ampunan dan syurga yang sangat luas. Orang-orang beriman akan kian bertambah keimanannya saat mereka mempelajari sejarah dakwah Islam yang spektakuler.
Islam telah merambah ke seluruh dunia dalam kurun masa beberapa masa saja di bawah perjuangan mulia seorang Rasul bernama Muhammad.  

Sumber :
http://www.anneahira.com/

0 komentar:

Posting Komentar